Dialog Santri yang Tidak Nyambung

Diposting pada

Santri yang Tidak Nyambung

Selamat datang di blog lightsislam.com, blog Islami bagi Muslim dan Muslimah. Memuat artikel seputar akidah Islam, fikih, pendidikan anak, wanita, al Qur’an dan hadits. Materi yang di tulis di blog lightsislam.com diambil dari berbagai sumber dengan penambahan bahasa yang sederhana dan tidak mengunakan bahasa yang baku, agar lebih mudah dipahami dan tidak sama persis dengan yang ada di buku. Selamat membaca dan jangan lupa share ke media sosial kamu ya !

Ada seorang santri baru yang tiba dari dusun untuk menetap di pesantren kekinian, namanya toyyib. Nyaris tiap hari dia dengar perkataan dari santri senior yang lain untuknya sangat asing dan memusingkan, seperti kata objektif, berkaitan, berarti, implikasi dan sebagainya. Sementara ada santri lain, Saipul yang tiap hari banyak mengingat al-Qur’an dan Bahasa Arab dengar kalimat itu, tapi ia umumnya pilih diam dibanding berbicara yang tidak paham maknanya.

Tetapi pada suatu saat Toyib berkata kepada Saipul,

“Kamu ini tidak signifikan Pul !”

“Memang artinya signifikan apa? Kok berani ngomong gitu,” sergah Saipul

“Lihat saja sendiri di kamus” jawab Toyib

“Ealah Yib.. Yib,..kamu ini memang nggak relevan!”

“Artinya apa itu Pul?” tanya Toyib

“Ya Lihat sendiri di kamus!” jawab Saipul tidak mau kalah.

Datanglah mbah Safi’i yang lama mondok tetapi tidak tahu menahu dengan kata-kata asing seperti itu sambil menenangkan mereka,

“Sudah-sudah stop, kalian berdua ini memang relatif semua…”

Sumber: kompasiana

Terimakasih Atas kujungannya di blog lightsislam.com. Pastikan kamu agar membagikan postingan ini ke media sosial kamu ya !

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *