3. al ibar.net 570x425 1 300x224 1

Doa Setelah Shalat Wajib 5 Waktu Yang Dianjurkan

Diposting pada

Ketika selesai melaksanakan salat fardhu, dianjurkan untuk doa. Doa setelah sholat fardhu tersebut merupakan bagian dari rangkaian yang tidak terpisahkan dari salat itu sendiri. Maka dari itu, hukumnya sangat dianjurkan bagi setiap umat muslim untuk melakukannya setelah selesai menjalankan ibadah wajib harian ini.

Lantas, seperti apa bacaan dan urutan doa setelah sholat tersebut? Rangkuman lengkap ini bakal mempermudah Sedulur dalam mengamalkannya. Tanpa perlu berlama-lama, mari langsung saja masuk ke pembahasannya di bawah ini!

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardu yang Dianjurkan

1. Istighfar sebanyak 3 Kali1. islampos 570x375 1 

Salah satu dari 3 doa setelah sholat yang wajib dilafalkan adalah membaca kalimat istighfar sebanyak tiga kali. Adapun bacaan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Astaghfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih

Artinya: “Hamba mohon ampun kepada Allah yang maha besar. Tidak ada tuhan melainkan dia Yang Maha Hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan hamba bertobat kepadanya.”

2. Dzikir memohon ampunan2. tribunnews 570x393 1 

Bagian dari 3 doa setelah sholat Muhammadiyah dan artinya adalah membaca dzikir untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Bacaan tersebut adalah:

Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’innqodiir.

Artinya: “Tiada Illah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

3. Dzikir memohon perlindungan3. al ibar.net 570x425 1 300x224 1 

Daftar urutan 9 doa setelah sholat fardhu selanjutnya adalah mengucapkan dzikir untuk memohon perlindungan. Bacaan dzikir yang dimaksud adalah:

Allahumma ajirni minan-naar.”

Artinya: “Yaa Allah, lindungilah hamba dari panasnya api neraka.”

4. Membaca pujian-pujian kepada Allah SWT4. sindonews 570x413 1 300x217 1 

Selanjutnya dalam urutan doa sesudah sholat maghrib dan sholat fardhu lainnya adalah membaca pujian-pujian yang ditujukan kepada Allah SWT semata. Bacaan tersebut adalah:

Allahumma angtassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya’uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata’alayta yaa dzaljalaali wal ikraam.

Artinya: “Yaa Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemuliaan.”

5. Baca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil5. cahayaislam.id 570x468 1 

Setelah itu, dilanjut dengan membaca kalimat tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. Berikut ini bacaan doa setelah sholat 5 waktu tersebut secara lengkap:

Tasbih: “Subhanallah” yang artinya Maha Suci Allah dibaca sebanyak 33 kali
Tahmid: “Alhamdulillah” yang artinya Segala Puji Bagi Allah dibaca sebanyak 33 kali
Takbir: “Allohuakbar” yang artinya Maha Besar Allah dibaca sebanyak 33 kali
Tahlil: “Laa Ilaha Illallah” yang artinya Tiada Tuhan selain Allah dibaca sebanyak 33 kali
Bacaan di atas ditujukan untuk menunjukan kebesaran Allah SWT. Kita hanya hamba-Nya yang tidak bisa melakukan apa-apa dan patut untuk bersyukur dan menyembah-Nya.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah Lengkap untuk Sendiri dan Keluarga

6. Membaca surat Al-Ikhlas6. detik 570x465 1 

Doa setelah sholat fardhu dan artinya di urutan selanjutnya adalah membaca surat Al-Ikhlas. Tujuan membaca surat ini adalah bukti sebagai keikhlasan diri kita atas agama Islam yang diturunkan oleh Allah SWT sebagai rahmat di muka Bumi. Setelah shalat fardu merupakan waktu yang tepat untuk membaca surat ini. Surat ini merupakan surat yang ringan untuk dihafal dan sering dijadikan sebagai surat dalam bacaan sholat.

7. Membaca surat Al-Falaq7. smartekselensia.net 570x419 1 

Surat Al-Quran selanjutnya yang dibaca sebagai doa setelah sholat adalah surat Al-Falaq. Tujuan membaca surat ini untuk meminta perlindungan. Surat Al-Falaq sendiri memiliki keutamaan sebagai doa untuk melindungi diri dari sihir, bahaya, dan hal-hal jahat lainnya. Selain setelah sholat, surat Al-Falaq juga dianjurkan dibaca ketika kita hendak akan tidur di malam hari.

8. Membaca surat An-Nas8. belajaralquran 570x468 1 

Surat Al-Quran yang menjadi rangkaian doa setelah sholat adalah surat An-Nas. Keutamaan membaca surat ini setelah shalat adalah untuk menunjukan bahwa Allah SWT merupakan Maha Pengampun dan memberikan pertolongan terhadap setiap umatnya. Selain itu surat An-Nas juga merupakan bukti kebenaran Al-Quran dan juga sebagai kabar gembira untuk setiap umat manusia.

9. Membaca Ayat Kursi9. griyaalquran.id 570x468 1 

Surat selanjutnya adalah membaca Ayat Kursi. Ayat Kursi merupakan doa setelah sholat yang memberikan manfaat untuk melindungi kita dari berbagai godaan setan, kejahatan manusia, binatang buas dan juga dapat melindungi keluarga kita dan harta benda yang kita miliki. Ayat Kursi meliputi langit dan Bumi yang memiliki keutamaan tinggi.

Berikut ini bacaan Surat Ayat Kursi yang bisa Sedulur hafalkan:

Allaahu laa illaa huwal-hayyul-qayyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum, lahuu maa fis-samawati wa maa fil-ard, man dzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai’im min’ilmihii illaa bimaa syaa’a, wa si’a kursiyyuhus-samaawaati wal-ard, wa laa ya’uudhuhuu hifzhuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘azhiim.

Artinya: “Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada tuhan yang memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”

10. Keutamaan mengamalkan doa setelah sholat fardhu10. brilio.net 570x468 1 300x246 1 

Lalu, apa saja keutamaan mengamalkan bacaan doa setelah sholat fardhu di atas? Menurut para ulama dan para ahli, setidaknya ada beberapa keutamaan membaca urutan doa di atas, yaitu di antaranya:

Melengkapi khusyu’ shalat fardhu
Merupakan bagian dari rangkaian shalat fardhu
Mendapatkan pahala yang mulia
Salah satu jalan untuk masuk surga
Merupakan amalan terbaik di pandangan Allah SWT
Mendekatkan diri kepada Allah SWT
Melunturkan dosa-dosa di dunia

Penjelasan di atas semoga dapat memotivasi kita untuk lebih giat dan taat mengamalkan bacaan doa ketika telah melaksanakan shalat fardhu. Setelah membaca artikel ini, semoga kita tidak langsung beranjak dari posisi shalat dan mengamalkan bacaan-bacaan doa terlebih dahulu. Agar bisa menjadi pribadi yang semakin baik setiap harinya.

Jangan lupa juga kebutuhan dunia dan kebutuhan sehari-hari. Setelah urusan akhirat dan ibadah kita selesai, salah satu kewajiban kita sebagai manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tugas penting tersebut bisa Sedulur percayakan kepada Aplikasi Super yang memberikan pelayanan yang akan memudahkan setiap pelanggan setianya.

Dengan pelayanan yang komplit dan memudahkan dari Aplikasi Super, Sedulur bisa melakukan ibadah lebih fokus lagi tanpa harus mengabaikan kebutuhan sehari-hari. Sedulur bisa cek di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Mulai gunakan Aplikasi Super saat ini juga, untuk mempermudah kebutuhan harian Sedulur sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.