Masjid Al-Aqsha vs Kubah Emas di Jerusalem Palestina

Diposting pada

Selamat datang di blog lightsislam.com, blog Islami bagi Muslim dan Muslimah. Memuat artikel seputar akidah Islam, fikih, pendidikan anak, wanita, al Qur’an dan hadits. Materi yang di tulis di blog lightsislam.com diambil dari berbagai sumber dengan penambahan bahasa yang sederhana dan tidak mengunakan bahasa yang baku, agar lebih mudah dipahami dan tidak sama persis dengan yang ada di buku. Selamat membaca dan jangan lupa share ke media sosial kamu ya !

Masjid Al-Aqsha vs Kubah Emas

ISRAEL tidak berhenti-hentinya mengganggu Mushola Al-Aqsha semenjak pertama mereka menjajah tempat itu. Zionis Yahudi memang punya niat menghancurka Mushola Al-Aqsha sampai rata dengan tanah supaya dibuat di atasnya Haikal (kuil) yang mereka mimpikan.

Tetapi, saat kita bicara mengenai Mushola Al-Aqsha, banyak golongan muslimin yang kebingungan, mana yang disebutkan Mushola Al-Aqsha.

Dari mereka ada yang memandang, mushola suci ke-3 umat Islam sesudah Mushola Haram Makkah dan Mushola Nabawi Madinah itu ialah bangunan yang memiliki Kubah Emas (Kubbah Shakhra).

Beberapa lainnya menduga Mushola Al-Aqsha ialah mushola yang berkubah biru kehitam-hitaman.

Pasti, asumsi itu tidak betul. Mushola Al-Aqsha lebih luas dari itu. Mushola Al-Aqsha ialah semua daerah yang tercakup dalam pagar Al-Aqsha yang berada di samping tenggara Al-Quds Kota Lama.

Daerah itu meliputi Kubbah Shakhra yang warna kuning keemasan, berada di sisi tengah kompleks Al-Aqsha. Selanjutnya meliputi Masjid Qibali (tempat shalat kiblati) yang warna biru kehitam-hitaman yang berada di samping selatan kompleks Al-Aqsha.

Disamping itu, ada sekitaran 200 bangunan lainnya yang ada dalam ruang cakup pagar Al-Aqsha, seperti mushola, kubah, ruang, sekolah, pohon-pohonan, balkon, menara, pintu gerbang, sumur, dan perpustakaan.

Masjid Al-Aqsha

Luas Mushola Al-Aqsha sekitaran 144 acre (1000 mtr. persegi) tempati 1/6 luas Al-Quds yang berpagar, berwujud segi panjang tidak teratur di samping selatanya sejauh 281 m. Sisi utaranya sejauh 310 m. Sisi timurnya 462 mtr.. Sisi baratnya 491 m.

Luas Mushola Al-Aqsha tak pernah berbeda semenjak dia dibuat. Tidak alami peluasan atau persempitan. Berlainan dengan Mushola Al-Haram dan Mushola Nabawi yang alami peluasan seringkali semenjak dia dibuat pertamanya kali.

Mushola Al-Aqsha ialah tempat Nabi Muhammad lakukan perjalanan mi’raj ke Sidratul Muntaha. Maka dari itu, Mushola Al Aqsa jadi situs paling suci ke-3 dalam Islam sesudah Masjidil Haram di Mekkah dan Mushola Nabawi di Madinah.

Al-Jami’ al-Aqsha berlainan dengan Mushola Umar, yakni sebuah mushola yang dibuat pada periode kekuasaan Dinasti Ayyubiyah pada era keduabelas, untuk kenang kembali pengambil-alihan Yerusalem oleh Umar bin Khattab yang sebagai wakil umat Islam.

Kubah Emas

Kubah Shakhrah (مسجد قبة الصخرة (Qubbah As-Sakhrah) atau Dome of the Rock (Kubah Batu) adalah sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al Aqsha.

Kubah Shakhrah ini selesai didirikan tahun 691 Masehi, menjadikannya bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia.

Demikian perbedaan Masjid Al-Aqsha dan Kubah Emas yang ada di Jerusalem Palestina.*

Sumber : risalahislam.com

Terimakasih Atas kujungannya di blog lightsislam.com. Pastikan kamu agar membagikan postingan ini ke media sosial kamu ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *