Masjid Para Muallaf di Prancis, Masjid Sahaba

Diposting pada

Masjid Sahaba

Selamat datang di blog lightsislam.com, blog Islami bagi Muslim dan Muslimah. Memuat artikel seputar akidah Islam, fikih, pendidikan anak, wanita, al Qur’an dan hadits. Materi yang di tulis di blog lightsislam.com diambil dari berbagai sumber dengan penambahan bahasa yang sederhana dan tidak mengunakan bahasa yang baku, agar lebih mudah dipahami dan tidak sama persis dengan yang ada di buku. Selamat membaca dan jangan lupa share ke media sosial kamu ya !

Ada sebuah mushola di Prancis dipanggil “Mushola Mualaf” karena jumlahnya penganut non-Islam bersyahadat di mushola itu. Tiap tahun, mushola itu bisa mengislamkan sekitaran 150 mualaf Perancis. Angka yang besar sekali ingat Prancis sebagai negara sekuler dan tempat tumbuh suburnya islamofobia.

Mushola Sahaba, begitu nama mushola yang berada di Kota Creteil Perancis itu. Tetapi mushola di tepian kota kelas menengah itu seringkali dikenali dengan “Mushola Muallaf”. Bangunan mushola itu cukup cantik dan besar. Bercat putih, mushola diperlengkapi menara dan berhiaskan mozaik sulit yang elok.

Semenjak dibuat tahun 2008, mushola sering jadi rumah idaman untuk semua kegiatan beberapa mualaf negeri pasta itu. Saat hari Jumat datang, jumlah mereka melonjak banjiri mushola. Beberapa muallaf muda kenakan kopyah dan jubah penuhi ruangan mushola menjalankan shalat Jumat.

Masjid “Muallaf” tersebut menjadi tempat perlindungan bagi para mualaf. Setelah memeluk Islam, tentu bukan hal mudah bagi mereka untuk berhubungan sosial seperti semula. Islam merupakan minoritas belum lagi menjamurnya pemahaman Islam yang salah akibat isu terorisme. Para mualaf akan terasing dan terkucilkan. Disitulah fungsi masjid Sahaba ini. Seperti namanya, Sahaba, yang bermakna sahabat. Masjid tersebut layaknya sahabat bagi para muallaf.

Gencarnya perlawaan Islam pun sedikit terobati dengan “rumah” nyaman tersebut. Muallaf berkumpul, bersilaturahim, menjalankan aktivitas disana. Banyaknya warga yang memeluk Islam pun kemudian dianggap layaknya fenomena sosial.

Pengurus Isu beragama di Kementerian Dalam Negeri Perancis, Bernard Godard mengatakan, meningkatnya jumlah mualaf di Prancis terjadi secara umum dan mengesankan. Jumlah Mualaf Prancis pun justru terus bertambah pasca insiden bom 9/11 di Amerika.

Saat ini, jumlah mualaf Prancis mencapai 100 ribu jiwa dari total muslimin 6 juta. Bahkan menurut asosiasi Muslim setempat, jumlah mualaf mencapai 200 ribu orang.

Peningkatan mualaf pun mencapai dua kali lipat tiap tahunnya dalam 25 tahun terakhir. Adapun jumlah total penduduk Prancis sekitar 65 juta jiwa.

Sumber: Republika.co.id

Terimakasih Atas kujungannya di blog lightsislam.com. Pastikan kamu agar membagikan postingan ini ke media sosial kamu ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *