niat 2Bsholat 2Bshubuh

Niat Sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Dan Isya (Sholat Wajib)

Diposting pada

Sholat adalah tiang agama. Jika Anda mengaku seorang muslim, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk menunaikan sholat 5 waktu setiap harinya. Sholat adalah bentuk ibadah yang sangat agung, sehingga meski Anda melakukan puasa, zakat, dan haji tapi tidak melakukan sholat, maka ibadah-ibadah lain yang Anda lakukan itu tidak akan ada artinya.

Niat-niat Sholat Wajib

Bagi Anda yang mungkin baru menyadari bahwa sholat merupakan hal wajib yang harus dilakukan sebagai bentuk pengabdian dan ketakwaan kita pada Sang Pencipta, berikut ini kami telah paparkan niat-niat sholat wajib mulai dari sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya beserta lafal latin dan artinya secara lengkap sebagai panduan bagi Anda. Silakan disimak dan dipahami.

1. Niat Sholat Subuh

Sholat subuh adalah sholat wajib yang dikerjakan pada saat antara munculnya fajar hingga terbitnya matahari, yakni sekitar antara pukul 4.30 sampai pukul 5.30 pagi. Sholat subuh dilakukan dalam 2 rokaat, dan lebih utama jika dikerjakan secara berjamaah di masjid. Untuk niat sholat subuh, berikut adalah pelafalan yang benar beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

niat 2Bsholat 2Bshubuh 

Latinnya: “USHOLLII FARDHO SHUBHI ROKA’ATAENI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AM (- / MA’MUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA’AALA. Artinya: ”Aku niat sholat subuh dua roka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala“.

2. Niat Sholat Dhuhur

Sholat dhuhur adalah sholat wajib yang dikerjakan pada saat antara tengah hari hingga saat posisi matahari telah membuat bayang-bayang suatu benda memiliki panjang yang sama dengan panjang benda aslinya, yakni sekitar antara pukul 12.00 sampai pukul 15.00 siang. Sholat dhuhur dilakukan dalam 4 rokaat dengan keutamaan untuk memelankan bacaan Surat Al-Fatihah dan Surat pendek. Untuk niat sholat dhuhur, berikut adalah pelafalan yang benar beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

niat 2Bsholat 2Bdhuhur 

Latinnya: “USHOLLII FARDHO DHUHRI ARBA’A ROKA’ATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AM (- / MA’MUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA’AALA. Artinya: ”Aku niat sholat dhuhur empat roka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala“.

3. Niat Sholat Ashar

Sholat ashar adalah sholat wajib yang dikerjakan pada saat antara habisnya waktu sholat dhuhur hingga saat terbenamnya matahari, yakni sekitar antara pukul 15.00 sampai pukul 18.00 siang. Sama seperti sholat dhuhur, sholat ashar juga dilakukan dalam 4 rokaat dengan keutamaan untuk memelankan bacaan Surat Al-Fatihah dan Surat pendek. Untuk niat sholat ashar, berikut adalah pelafalan yang benar beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

niat 2Bsholat 2BAshar 

Latinnya: “USHOLLII FARDHO ASHRI ARBA’A ROKA’ATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AM (- / MA’MUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA’AALA. Artinya: ”Aku niat sholat ashar empat roka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala“.

4. Niat Sholat Maghrib

Sholat maghrib adalah sholat wajib yang dikerjakan pada saat antara setelah terbenamnya matahari hingga saat hilangnya awan senja merah, yakni sekitar antara pukul 18.00 sampai pukul 19.00 petang. Sholat ashar dilakukan dalam 3 rokaat dan lebih utama jika dikerjakan secara berjamaah di masjid. Untuk niat sholat maghrib, berikut adalah pelafalan yang benar beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

niat 2Bsholat 2Bmaghrib 

Latinnya: “USHOLLII FARDHO MAGHTIBI SALASATAROKA’ATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AM (- / MA’MUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA’AALA. Artinya: ”Aku niat sholat maghrib tiga roka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala“.

5. Niat Sholat Isya

Sholat isya adalah sholat wajib yang dapat dikerjakan pada selang waktu yang sangat panjang, yakni saat setelah habisnya waktu maghib hingga terbitnya fajar. Sholat isya dilakukan dalam 4 rokaat dan lebih utama pengerjaannya diakhirkan. Untuk niat sholat isya, berikut adalah pelafalan yang benar beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

niat 2Bsholat 2BIsya 

Latinnya: “USHOLLII FARDHO ISYA’I ARBA’A ROKA’ATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AM (- / MA’MUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA’AALA. Artinya: ”Aku niat sholat isya empat roka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala“.

Nah, itulah niat dari 5 sholat wajib yang dapat kami sampaikan. Yang perlu Anda ingat adalah niat sejatinya bertempat di hati, dan pelafalannya adalah sunah. Jika Anda akan melaksanakan sholat, bacalah niat sholat tersebut dengan pelan. Jangan terlalu keras agar tidak mengganggu jamaah yang lain. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.