Pentingnya Sistem Pendidikan Pesantren

Diposting pada

Pendidikan Pesantren

Selamat datang di blog lightsislam.com, blog Islami bagi Muslim dan Muslimah. Memuat artikel seputar akidah Islam, fikih, pendidikan anak, wanita, al Qur’an dan hadits. Materi yang di tulis di blog lightsislam.com diambil dari berbagai sumber dengan penambahan bahasa yang sederhana dan tidak mengunakan bahasa yang baku, agar lebih mudah dipahami dan tidak sama persis dengan yang ada di buku. Selamat membaca dan jangan lupa share ke media sosial kamu ya !

Ditengah carut marut dunia pendidikan di Indonesia, serta ditambah berderet kasus asusila, kriminal dan kasus yang lagi marak seperti foto dan video porno karya anak pelajar yang sangat mencoreng dunia pendidikan Indonesia. Hal ini pertanda gagalnya sistem pendidikan karakter bangsa Indonesia. Apa yang salah dengan sistem pendidikan kita? Mengapa bisa sedemikian parah wajah pendidikan di Indonesia?

Kemungkinan banyak instansi pengajaran yang dapat disebutkan sukses mendidik anak negeri jadi orang yang pintar secara intelektualitas, tapi tidak berhasil mendidik anak negeri jadi orang yang berakhlak dan berwatak.

Beberapa kita kerap memandang jika perkembangan pengajaran diukur dari sisi kepandaian otak saja. Dan pengajaran kepribadian dan adab yang tersangkut ke pengajaran agama benar-benar kurang dan bahkan bisa saja tidak terpikir. Berikut yang membuat watak, adab dan kepribadian anak negeri remuk. Otomatis kita sudah terjerat dalam pengajaran sekuler dan itu hasilnya.
Pesantren sebagai jalan keluar.

Dengan masalah itu,karena itu Indonesia perlu meningkatkan skema pengajaran asli dari Indonesia sendiri yakni pengajaran ala-ala pesantren. Karena pesantren sudah bisa dibuktikan sanggup cetak kader-kader bangsa yang lebih berwatak dibandingkan instansi pengajaran yang lain. Apa lagi bila pesantren diatur dan diperkembangkan secara baik dan disokong oleh pemerintahan.

Sistem pengawasan dan pendidikan yang diterapkan di pesantren akan melatih anak didik untuk selalu disiplin dan terbiasa mematuhi aturan yang ada, jika aturan dilanggar, tentu harus ada sanksi yang diterima. Sudah banyak yang merasakan manfaat sistem pesantren ini. Memang ada yang gagal prosentasinya sangat kecil, karena tentu tidak semua benih yang ditanam akan berhasil.

Sistem pendidikan di negara-negara barat pun telah mengadopsi sistem pesantren dengan menerapkan sistem asrama bagi siswanya dengan pengawasan yang ketat, dan mereka pun berhasil. Sayangnya sistem pesantren ini hanya diadakan sampai tingat pendidikan menengah atas saja. Untuk tingkat pendidikan tinggi sistem pesantren ini belum banyak dikembangkan. Hal ini menyebabkan anak didik yang biasa terawasi menjadi lepas kendali setelah mereka masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Di Indonesia, pesantren identik dengan tempat pembuangan anak-anak bermasalah baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun sekitarnya. Demi menghilangkan image bahwa pesantren hanya untuk mendidik anak buangan, anak yang bandel atau anak yang telah rusak akhlaknya, selayaknya kita juga perlu mensosialisasikan pentingnya penerapan pendidikan pesantren untuk semua kalangan. Logikanya, jika anak bermasalah saja bisa dididik menjadi baik, apalagi anak yang baik tentu akan semakin menjadi baik jika mau bersekolah di pesantren.

Salam Santri…!!! Spirit…!!!

Terimakasih Atas kujungannya di blog lightsislam.com. Pastikan kamu agar membagikan postingan ini ke media sosial kamu ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *