Profil Singkat Syeikh Yusuf Al Qaradhawi yang Wafat di Usia 96 Tahun

Diposting pada

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi – Selamat datang di blog lightsislam.com, blog Islami bagi Muslim dan Muslimah. Memuat artikel seputar akidah Islam, fikih, pendidikan anak, wanita, al Qur’an dan hadits. Materi yang di tulis di blog lightsislam.com diambil dari berbagai sumber dengan penambahan bahasa yang sederhana dan tidak mengunakan bahasa yang baku, agar lebih mudah dipahami dan tidak sama persis dengan yang ada di buku. Selamat membaca dan jangan lupa share ke media sosial kamu ya !

profil singkat syeikh yusuf al qaradhawi yang wafat di usia 96 tahun
Ketua Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Yusuf al-Qaradawi menghadiri sidang ke-18 Dewan Fatwa dan Penelitian Eropa di Hotel Grand Cevahir di Istanbul, Turki pada 10 November 2018. ( Foto: Getty Images/Anadolu Agency)

Profil Singkat Syeikh Yusuf Al Qaradhawi yang Wafat di Usia 96 Tahun

Wafatnya salah satu ulama dunia, Syeikh Yusuf Al Qaradhawi menimbulkan duka mendalam bagi mayoritas umat Islam. Karena beliau adalah tokoh ulama terpandang di dunia. Beliau juga telah menulis berbagai karya ilmiah dan juga menulis banyak kitab di berbagai bidang keilmuan.

Di samping itu, Syeikh Yusuf Al Qaradhawi merupakan tokoh pendiri Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS).

Riwayat Pendidikan Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Bersumber dari laman Madrasah Aliyah Negeri Sintang, Yusuf Al Qaradhawi lahir di Mesir pada 9 September 1926. Semenjak kecil beliau sudah menunjukkan tanda-tanda akan menjadi tokoh ulama besar. Pada usia 10 tahun, Yusuf Al Qaradhawi telah menghafal Al Qur’an.

Ulama yang menghabiskan masa hidupnya di Qatar ini menamatkan pendidikan dasar dan menengah di Ma’had Thantha dan Ma’had Tsanawi.

Kemudian setelah itu, beliau melanjutkan studinya ke Fakultas Ushuluddin di Universitas Al Azhar, Mesir, dan menyelesaikannya pada tahun 1952.

Yusuf al-Qaradhawi memperoleh gelar doktor pada tahun 1972 dengan disertasi “Zakat dan Dampaknya Dalam Penanggulangan Kemiskinan”, yang pada akhirnya disempurnakan menjadi Fiqh Zakat.

Berawal dari disertasi tersebut, kemudian terbit sebuah buku yang sangat komprehensif membahas persoalan zakat dengan nuansa modern.

Peran Syeikh Yusuf al-Qardhawi sebagai Ulama dan Cendekiawan Muslim

Menurut Britannica, Yusuf Qaradhawi adalah cendekiawan yang berasal dari gerakan Ikhwanul Muslimin yang dibuat oleh Hassan al-Banna di Ismailia, Mesir.

Tujuan dari gerakan Ikhwanul Muslimin adalah pengembalian Al-Quran dan Hadis sebagai dasar kehidupan sosial masyarakat Muslim. Gerakan ini kemudian menyebar di Mesir, Sudan, Suriah, Palestina, Lebanon, dan Afrika Utara.

Syeikh Yusuf al-Qaradhawi juga dikenal sebagai seorang ulama yang menolak pembagian ilmu secara dikotomis. Menurutnya, semua ilmu bisa Islami dan tidak Islami, tergantung kepada orang yang memandang dan mempergunakannya.

Menurut beliau, pemisahan ilmu secara dikotomis itu, telah menghambat kemajuan umat Islam.

Metodologi Syekh Yusuf al-Qaradhawi dalam berdakwah

Dalam sampaikan risalah Islam, Syeikh Yusuf Qaradhawi dikenal juga mempunyai langkah atau metodologi ciri khas. Karena metodologi khusus berikut, beliau gampang diterima di kelompok dunia barat sebagai seorang pemikir yang selalu tampilkan Islam secara sopan, ramah, dan moderat.

Syeikh Yusuf al-Qaradhawi pernah tiba ke Indonesia di tahun 2007 kemarin. Menurut sumber dari NU Online, si Syeikh satu diantaranya bertandang ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Ketika Setan Pernah Dua Kali Gagal Menggoda Syekh Abdul Qadir Jailani

Menurut Syeikh Yusuf Qaradhawi, sebagai negara Muslim paling besar di dunia, Indonesia berperanan besar dalam ‘memenangkan’ umat Islam dari penekanan dunia internasional. Karena Indonesia mempunyai sumber daya manusia dan kekayaan yang besar

Demikian Artikel Tentang Profil Singkat Syeikh Yusuf Al Qaradhawi yang Wafat di Usia 96 Tahun, Semoga dapat memambah wawasan.

Baca Artikel yang lain di Google News

Terimakasih Atas kujungannya di blog lightsislam.com. Pastikan kamu agar membagikan postingan ini ke media sosial kamu ya !

Sumber : nu.or.id

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *