Santri dan Maknanya

Diposting pada

Santri dan Maknanya

Selamat datang di blog lightsislam.com, blog Islami bagi Muslim dan Muslimah. Memuat artikel seputar akidah Islam, fikih, pendidikan anak, wanita, al Qur’an dan hadits. Materi yang di tulis di blog Lightsislam.com diambil dari berbagai sumber dengan penambahan bahasa yang sederhana dan tidak mengunakan bahasa yang baku, agar lebih mudah dipahami dan tidak sama persis dengan yang ada di buku. Selamat membaca dan jangan lupa share ke media sosial kamu ya !

Di kalangan dunia Islam kita sering mendengar istilah kata “santri”. Santri adalah sebutan bagi murid yang mengikuti pendidikan di pondok pesantren. Pondok Pesantren adalah sekolah atau lembaga pendidikan yang persentasi ajarannya lebih banyak ilmu-ilmu pendidikan agama Islam. Kebanyakan murid di Pondok Pesantren tinggal di asrama atau pondok yang disediakan di lembaga tersebut.

Pondok Pesantren banyak berkembang di pulau Jawa, tetapi saat ini makin bertambah pesantren di luar pulau Jawa bersamaan dengan semakin jumlahnya alumni ponpes yang menyebar di beberapa penjuru nusantara.

Panggilan Santri Pondok A maknanya dia pernah/lulus dari Pondok Pesantren A. Panggilan Santri Kyai A maknanya dia pernah diajar oleh Kyai A. Biasanya, panggilan santri Kyai memiliki arti dia pernah jadi anak asuh, anak didik, terkadang berbakti (umumnya di dalam rumah tempat tinggal) kyai yang berkaitan. Mereka umumnya disebutkan dengan “abdi dalam”.

Sebutan santri juga identik dengan kata susastri ( sansekerta ) yang artinya pelajar agama, yaitu pelajar yang selalu membawa kitab ajaran suci ( agama ). Pada zaman pengaruh hindu budha di Nusantara, sebutan ini lebih di kenal dengan cantrik,dimana para cantrik berdiam diri dalam sebuah asrama atau pondok bersama sang guru dalam beberapa lama untuk memperdalam ilmu keagamaan. Dalam sejarah pendidikan istilah lembaga yang demikian di sebut dengan gurukulla ( sekarang disebut pondok pesantren ).

Terimakasih Atas kujungannya di blog lightsislam.com. Pastikan kamu agar membagikan postingan ini ke media sosial kamu ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *