7 Poin Ini Agar Tidak Ada KDRT dalam Rumah Tangga

Diposting pada

Agar Tidak Ada KDRT – Selamat datang di blog lightsislam.com, blog Islami bagi Muslim dan Muslimah. Memuat artikel seputar akidah Islam, fikih, pendidikan anak, wanita, al Qur’an dan hadits. Materi yang di tulis di blog lightsislam.com diambil dari berbagai sumber dengan penambahan bahasa yang sederhana dan tidak mengunakan bahasa yang baku, agar lebih mudah dipahami dan tidak sama persis dengan yang ada di buku. Selamat membaca dan jangan lupa share ke media sosial kamu ya !

7 poin ini agar tidak ada kdrt dalam rumah tangga
Tips Antisipasi Agar Rumah Tangga bebas dari KDRT

Poin Ini Agar Tidak Ada KDRT dalam Rumah Tangga

Maraknya kasus KDRT yang menimpa rumah tangga para artis membuat netizen menjadi miris. Kasus KDRT artis yang sempat viral adalah kasus KDRT yang menimpa Lesti kejora. Kabarnya dia mengalami KDRT yang dilakukan oleh suaminya, Rizky billar. Semoga itu hanya berita hoax saja yang terlanjur disiarkan oleh media.

Pengasuh Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an wal Hadist Kota Bekasi, Jawa Barat, Nyai Hj Badriyah Fayumi pernah mengatakan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tidak pernah diharapkan terjadi. Namun, fenomena kasus KDRT terhadap kaum perempuan di Indonesia semakin hari semakin memprihatinkan.

Tips Antisipasi Agar Rumah Tangga bebas dari KDRT

Lalu bagaimanakah triknya supaya rumah tangga bebas dari KDRT? Untuk memperhitungkannya Nyai Badriyah memberi tujuh pesan ini.

Pertama, katanya, selalu ingat jika sakiti, mencederai dan menzalimi tiap makhluk Allah swt ialah haram. Apa lagi, bila yang disakiti itu sebagai amanah dari Allah SWT. Istri atau anak, misalkan.

“Anak dan istri itu untuk diproteksi, disegani, dan dicintai. Ke-2 nya sebagai karunia paling indah dalam rumah tangga, karena itu makin besar dosanya bila sakiti dan menzaliminya,” tutur Ketua Majelis Permufakatan Konferensi Ulama Wanita Indonesia (KUPI) itu.

Ke-2 , ikuti panutan baik Rasulullah SAW. Rasulullah tak pernah sekalinya lakukan pukulan ke istri, anak, cucu, pembantu rumah tangga (PRT), bahkan juga kucing sekalinya.

Bahkan juga, Nyai Badriyah menjelaskan, Rasulullah tak pernah menuntaskan permasalahan dalam rumah tangga dengan lakukan KDRT. Terhitung saat istrinya, Ummul Mukminin Aisyah RA difitnah berselingkuh.

“Seberat apa saja permasalahannya, terhitung saat istri beliau tersayang Ummul Mukminin Aisyah RA difitnah berselingkuh dalam kejadian Hadistul Ifki (berita bohong),” papar ‘Awan Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Ke-3 , harus mengetahui jika semua manusia, khususnya pasangan, sebagai bani Adam yang mulia dan harus diagungkan. Oleh karena itu, jangan jadi object KDRT.

Ke-4, selalu datangkan empati jika seperti kita yang tidak mau disakiti dan dizalimi, begitupun pasangan kita,” terang ia.

Ke-5, Bu Nyai Badriah itu juga menjelaskan, point ke-5 untuk menghindar KDRT ialah jalankan muasyarah bil ma’ruf seperti diperintah QS An-Nisa ayat 19 saat menjalankan rekanan suami istri.

Wujud muasyarah bil ma’ruf itu direalisasikan dalam sikap setiap hari, diantaranya jujur, setia, terbuka, tidak melakukan perbuatan dan berbicara yang mengejek dan merendahkan.

“Tidak semena-mena, sama-sama mengasihi dan menghargai, sama-sama memiliki empati,” ungkapkan Nyai Badriyah.

Baca Juga : Hukum Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW Menurut Ustadz Abdul Somad

Ke-6, ulama wanita alumnus Al Azhar Kairo itu mengutamakan, bila terjadi permasalahan dalam rumah tangga, karena itu harus dituntaskan secara bermoral dan bermartabat. Yaitu permufakatan dan diskusi, bukan langkah semena-mena seperti KDRT.

Ke-7 , selalu ingat jika KDRT tidak jadi jalan keluar dalam menuntaskan permasalahan dalam rumah tangga,” pungkas ia.

Demikian Artikel Tentang 7 Poin Ini Agar Tidak Ada KDRT dalam Rumah Tangga, Semoga dapat memambah wawasan.

Baca Artikel yang lain di Google News

Sumber : nu.or.id

Terimakasih Atas kujungannya di blog lightsislam.com. Pastikan kamu agar membagikan postingan ini ke media sosial kamu ya !

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *