Tips Menjaga Kesehatan Mental, ala Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari

Diposting pada

Tips Menjaga Kesehatan Mental – Selamat datang di blog lightsislam.com, blog Islami bagi Muslim dan Muslimah. Memuat artikel seputar akidah Islam, fikih, pendidikan anak, wanita, al Qur’an dan hadits. Materi yang di tulis di blog lightsislam.com diambil dari berbagai sumber dengan penambahan bahasa yang sederhana dan tidak mengunakan bahasa yang baku, agar lebih mudah dipahami dan tidak sama persis dengan yang ada di buku. Selamat membaca dan jangan lupa share ke media sosial kamu ya !

Tips Menjaga Kesehatan Menta
Tips Menjaga Kesehatan Mental, ala Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari | Freepik

Tips Menjaga Kesehatan Mental, ala Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari

Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari pernah sampaikan panduan tepat untuk mempertahankan kesehatan psikis. Dalam kreasi fantastisnya, yakni Matan Al-Hikam, beliau mengutarakan resep tepat dalam menangani permasalahan masalah psikis. Pada dasarnya, Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari ajak kita untuk melepas beban pemikiran yang menimpa.

Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari memandang kekhawatiran, fantasi, over thinking, atau delusi, dan semua beban pemikiran menambahkan lemas pemikiran dan turunkan kesehatan psikis. Karenanya, beliau menyarankan kita untuk turunkan sesaat beban pemikiran dan kekhawatiran itu dari kita.

أرِحْ نَفْسَكَ مِنَ التَّدْبِيرِ فما قامَ بهِ غيرُكَ عنْكَ لا تَقُم بهِ لنفسِكَ

Artinya, “Istirahatkan dirimu dari berpikir keras planning/perencanaan, karena apa yang dilakukan oleh selainmu jangan lagi kau pikirkan,” (Ibnu Athaillah As-Sakandari, Al-Hikam).

Istilah Tadbir (planning atau perencanaan) yang disebutkan Matan Al-Hikam secara bahasa bisa berarti memikirkan sesuatu yang akhirnya mencari kemaslahatan, sebagaimana dikatakan Syekh Zarruq ra, “Berasumsi atau berspekulasi secara pasti tanpa kepasrahan (kepada Allah) atas segala suatu yang dikhawatirkan atau sesuatu yang diharapkan di masa depan.” (Syekh Ibnu Ajibah, Iqazhul Himam fi Syarhil Hikam).

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Menurut salah seorang ulama yang mensyarahkan Matan Al-Hikam, yaitu Syekh As-Syarqawi, ia mengungkapkan bahwa Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari mengajak terutama para pemula untuk tidak memikirkan nasib duniawinya sesuai obsesi dan syahwatnya sebab hal itu cukup melelahkan.

Baca Juga : Viral Kasus Mahasiswa UGM Bunuh Diri, Bukti Darurat Kesehatan Mental Remaja

Para pemula ini kemudian berpikir keras yang pada akhirnya mencemaskan berlebihan atas hasil ke depannya sesuai dengan syahwatnya. Bahkan tidak jarang mereka menginginkan semua obsesi, harapan, bayangannya segera terjadi. Padahal sering kali apa yang dibayangkan dan dipikirkannya di kemudian hari tidak terjadi sesuai harapan sehingga pikiran dan bayangannya menjadi sia-sia.

Adapun perencanaan tipis-tipis yang terukur (tadbir) yang membantu pencapaian terkait kehidupan yang dibarengi dengan kepasrahan kepada Allah, maka hal itu tidak masalah. Ini yang dimaksud dengan sebuah hadits yang menyebutkan, “Perencanaan yang terukur merupakan setengah dari penghidupan.”

Adapun kecemasan berlebihan dan obsesif yang tidak dapat dikendalikan jelas merusak, meracuni, dan membebani pikiran serta mengganggu kesehatan mental. Semua kecemasan, angan-angan, dan pikiran jahat ini harus disingkirkan.

Semua realitas dan pikiran itu harus didudukkan dan dimaknai secara proporsional dan wajar sehingga kita dapat menempatkan diri kita di tengah realitas secara wajar tanpa putus asa dan kalap. Wallahu a’lam.

Demikian Artikel Tentang Tips Menjaga Kesehatan Mental, ala Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari, Semoga dapat membantu.

Terimakasih Atas kujungannya di blog lightsislam.com. Pastikan kamu agar membagikan postingan ini ke media sosial kamu ya !

Sumber : nu.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *